Gandeng Kiem Archery, PrivatQ sosialisasikan pentingnya olahraga panahan untuk menjaga kesehatan otak dan otot

Halo sobat PrivatQ! Baru-baru ini PrivatQ dan Kiem Archery menyelenggarakan pelatihan memanah bagi warga yang tinggal di daerah Bintaro, Tangerang Selatan. Pelatihan ini diadakan di lapangan Cluster Calista V, Perumahan Permata Bintaro pada Sabtu (14/4). Rendahnya minat masyarakat dalam memanah menjadi alasan PrivatQ untuk menyelenggarakan kegiatan ini, seraya memperkenalkan kegiatan memanah dan manfaat-manfaatnya kepada masyarakat.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh warga yang tinggal di Perumahan Permata Bintaro saja melainkan dari beberapa daerah di sekitar Tangerang Selatan yang tampak antusias mengikuti kegiatan Sabtu sore kemarin. Latihan yang berlangsung dari pukul 15.30 sampai 17.40 dikategorikan menjadi 3 bagian, yaitu kategori anak-anak berjumlah 12 orang, remaja dan dewasa dengan 23 peserta. Pengkategorian ini berdasarkan tinggi dan berat anak untuk menentukan busur yang digunakan serta jarak sasaran.

Acara dibuka dengan pengenalan sejarah dari olahraga panahan oleh Anto selaku coach dari Kiem Archery. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang ala tapa saja yang digunakan untuk olahraga memanah. Selain Coach Anto, tentunya ada juga coach lain yang pastinya sudah berlisensi untuk menjadi pelatih panahan. Sebagai latihan perkenalan, para peserta diajarkan hal-hal dasar yang harus diketahui dalam olahraga ini. Mulai dari bagaimana merakit busur panah yang sering disebut dengan istilah bow, jenis-jenis anak panah atau arrow, sampai memasang arm guard sebagai pelindung tangan dari jepretan tali busur saat melesatkan anak panah.

Harapan kami acara-acara seperti ini dapat terus berlanjut, berkesinambungan dan terus eksis dan semakin banyak peminatnya di masyarakat” ujar Prima, salah satu peserta coaching clinic di kategori dewasa.

Bagi umat muslim, olahraga panahan merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW selain berenang dan berkuda. Oleh sebab itu bertepatan dengan hari Isra’ Mi’raj yang jatuh pada hari Sabtu lalu, PrivatQ menggandeng Kiem Archery sebagai pelatih olahraga panahan mengadakan coaching clinic panahan untuk warga.

Memanah adalah salah satu cabang olahraga yang jarang ditekuni oleh kebanyakan masyarakat. Selain karena alasan sedikitnya tempat latihan, ketersediaan pelatih dan biaya untuk membeli peralatan acap kali menjadi alasan masyarakat untuk tidak mendalami olahraga ini. Padahal olahraga panahan merupakan olahraga yang memiliki segudang manfaat seperti melatih konsentrasi, kesabaran, melenturkan otot tangan, membentuk postur tubuh dan masih banyak lagi.

Manfaat lain dari menekuni olahraga panahan adalah melatih kecerdasan sebab bagi orang yang terbiasa memanah akan terbiasa untuk berpikir tangkas. Konsentrasi untuk melesatkan anak panah tepat pada sasaran memerlukan perhitungan seberapa kuat menarik busur, arah angin dan lainnya.

Kami sangat berterima kasih atas kerja sama dari Kiem Archery, sehingga kami bisa memperkenalkan olahraga panahan di kalangan masyarakat Bintaro dan Tangerang Selatan. PrivatQ sendiri percaya bahwa keseimbangan antara otak dan otot akan menghasilkan individu yang cemerlang dan produktif. Kami berharap semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang turut berpartisipasi,” tutup Husnil, penanggung jawab kegiatan coaching clinic panahan.